blog

Yakin Akan Rezeki Tak Terduga, Kisah Sumur Wakaf Arjasari

Wakaf Sumur kembali Wakaf Salman salurkan kepada wilayah di Indonesia yang membutuhkan. Kali Ini, kebaikan Sahabat berwakaf dan infak untuk membangun sumur menjangkau warga di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kekeringan yang sebelumnya menghantui, sekarang tergantikan ketenangan air bersih yang mudah diakses.

Arjasari, 1 dari puluhan wilayah di Jawa Barat yang setiap tahun adukan kesulitan air..

Dilansir dari berita RepublikaDetikNews, dan berbagai berita lainnya bahwa ternyata warga Arjasari adalah salah satu kecamatan yang setiap tahunnya, setidaknya 5 tahun terakhir mengadukan kesulitan mendapatkan air bersih. Ketika musim kemarau datang, warga Arjasari biasanya mengantri mengambil air bersih di satu tempat. Waktu yang dibutuhkan untuk membawa pulang air ke rumah terbilang lama. Minimal, 3 jam mereka baru bisa mengisi ember, jirigen, atau penadah lainnya. Antrian itu bisa terjadi setiap hari. Otomatis, aktivitas sehari-hari seperti mandi, wudhu, memasak, dan mencuci pun melambat. Seandainya mereka tidak perlu mengantri, maka setiap waktu, tenaga, dan pikiran mereka untuk mengantri bisa lebih efektif digunakan untuk keperluan lainnya. Semisal belajar, mengaji, ataupun semakin maksimal menyokong ekonomi keluarga.

Kekuatan keyakinan & rezeki yang tak disangka-sangka..

Beberapa waktu lalu, Wakaf Salman sempat membuka kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan informasi wilayah yang membutuhkan bantuan. Kami pun datang menelusuri Kecamatan Arjasari ini dan dipertemukan dengan seorang sosok bernama Pak Mahmudin. Beliau juga membantu pengasuhan & pendidikan anak-anak yatim di sekitar Kampung Ciwaru. Kampung yang masih asri dikelilingi hijaunya perbukitan dan luasnya ladang. Kepada kami, Pak Mahmudin pernah berkata, "Saya dari dulu yakin, di sini bisa ada air. 'Kan rezeki datangnya dari yang nggak kita duga-duga."

Siapapun yang mendengarnya secara langsung akan terenyuh. Sinar matanya memancarkan kebahagiaan atas nama warga Arjasari yang akhirnya kembali punya harapan. Alhasil setelah proses geolistrik dan pengeboran dilakukan, atas izin Allah Ta'ala air bersih muncul ke permukaan. Pada Rabu (19/10/2022) yang cerah, Wakaf Salman dan warga Arjasari bersama-sama meresmikan sumur wakaf dari Anda, para Sahabat Wakaf.

Tercatat ada tiga Rukun Tetangga, dua masjid, dan satu yayasan yatim & dhuafa yang menerima manfaat sumur wakaf ini. Air bersih dari sumur mengalir ke tiga toren yang bisa diakses dengan mudah, baik oleh warga yang tinggal di bagian atas melewati sumur wakaf maupun yang tinggal dari wilayah bagian bawah. Apabila mereka basanya mengantri 3 jam, kini waktu luang mereka bertambah sekitar 3-6 kali lipat karena toren sudah terisi hanya dalam setengah jam dengan debit 2.000 m3/s.

Jazakumullah khairan katsiran Sahabat!

Alhamdulillah, Wakaf Salman turut menyampaikan titipan salam dan terima kasih dari warga Arjasari. "Semoga para wakif, donatur, dan tim Wakaf Salman dibalaskan kebaikannya oleh Allah," tutup Pak Mahmudin mengakhiri cerita perjuangan akses air bersih di Arjasari. Wakaf Salman mengundang Sahabat untuk bisa memudahkan ibadah kehidupan saudara kita di wilayah lainnya yang membutuhkan, dengan kemudahan bersedekah jariyah di Wakaf Salman. Sampai jumpa di Kabar Wakaf selanjutnya!